Garis Dakwah Penyejuk Hati

Rabu, 24 Agustus 2016

7 Langkah Setelah Orang Terakhir Meninggalkan Kubur..Silakan Share,Semoga Bermanfaat...

Kisah ini akan menjelaskan kepada kita mengenai gambaran alam kubur. Seperti yang kita tahu bahwa di alam kubur terdapat dua malaikat, yakni Munkar dan Nakir sehingga kita bisa lebih waspada terhadap kehidupan di dunia.
7 Langkah Setelah Orang Terakhir Meninggalkan Kubur
7 Langkah Setelah Orang Terakhir Meninggalkan Kubur

Hidup memanglah suatu pilihan, tapi kematian adalah kepastian yang akan datang. Allah telah menetapkan suatu takdir dimana semua yang ada di alam semesta ini akan hancur karena saat itulah tiba hari kiamat. Namun kematian tidak hanya datang saat hari kiamat saja, melainkan sudah terjadi sejak dulu.

Setalah meninggalnya seseorang maka mayit akan masuk ke alam kubur terlebih dahulu. Di dalam sana, telah menunggu malaikat Munkar dan Nakir yang akan memberikan kita pertanyaan mengenai keimanan kita pada Allah. Inilah gambaran alam kubur. Dikatakan bahwa dua malaikat ini akan tiba saat langkah ketujuh orang terakhir yang meninggalkan kuburan. Rasulullah pernah bersabda bahwa dua malaikat ini sangatlah menyeramkan dengam mata biru terbelalak, tubuh hitam legam, dan suara bak petir. Kemudian, keduanya akan melontarkan beberapa pertanyaan sebagai penentu dimana kita harus hidup di akhirat kelak.

Dalam sabda Rasulullah tentang 7 langkah setelah mayat dikubur, dijelaskan bahwa apabila mayit dibukurkan maka akan datang dua malaikat yang bernama Munkar dan Nakir. Kemudian keduanya mendudukkan si mayit setelah dikembalikan rohnya pada jasadnya. Barulah mereka akan memberikan beberapa pertanyaan. Sebuah hadits menjelaskan bahwa apabila seorang mayit telah dihadapkan di alam akhirat, maka akan datang dua malaikat dan memberikan tiga pertanyaan. Berikut ini adalah ketiga pertanyaan tersebut:

Man Robbuka? (Siapakah Tuhanmu?)

Wa maa diinuka? (Apakah agamamu?)

Wa maa hadzaar rujululladzii bu’itsa fikum? (Siapakah orang yang diutus di antara kalian?)

Ketika kita masih hidup, maka pertanyaan itu akan mudah untuk dijawab. Namun, tidak setelah kita ada di alam kubur. Jawaban dari siapa Tuhanmu adalah Allah, apa agamamu adalah Islam, dan siapa yang telah diutus oleh Allah diantara kalian, maka jawabannya adalah Nabi Muhammad SAW. Menjawab ketiga pertanyaan ini bukanlah perkara mudah. Apabila mayit adalah orang yang tidak bertaqwa maupun beriman pada Allah maka ia tidak akan bisa menjawabnya, meskipun ia hafal segalanya dengan baik.

Orang yang dapat menjawabnya hanya orang yang senantiasa beriman dan bertaqwa kepada-Nya. Selain itu, doa dari saudara dan kerabatnya juga dapat menyelamatkannya dari siksa kubur. Allah akan menguatkan lidah kita apabila ada orang-orang yang mendoakan kita di alam kubur. Ketiga pertanyaan ini akan menentukan kemana kita akan melanjutkan kehidupan di akhirat. Dikatakan bahwa jika si mayit dapat menjawab ketiga pertanyaan itu maka surga adalah tempat kembali. Sedangkan, jika ia tidak dapat menjawabnya maka nerakalah tempat kembalinya.

Rasulullah pernah bersabda mengenai malam pertama di alam kubur bahwa akan datang padanya dari sebagian Neraka dan udara yang panas. Setelah itu, diperintahkan pada bumi untuk mengapitnya hingga berselisihlah tulang-tulang rusuknya dan adzab akan terus menerus datang hingga ia dibangkitkan dari kubur.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita tahu betapa pentingnya keimanan dan ketaqwaan untuk hidup kita. Hanya dengan itulah kita bisa selamat dari adzab Allah yang begitu pedih. Oleh karena itu, kita harus menyiapkan bekal sebanyak-banyaknya untuk kehidupan di akhirat yaitu pada 7 langkah setelah orang terakhir meninggalkan kubur.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Langkah Setelah Orang Terakhir Meninggalkan Kubur..Silakan Share,Semoga Bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.